Depbudpar Gelar Trail of Civilization 2009 di Borobudur

Budpar.go.id – Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) kembali menyelenggarakan kegiatan Jejak-jejak Peradaban (Trail of Civilization) di kawasan wisata budaya Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 9 Mei 2009 yang  bertepatan dengan perayaan Hari Waisak tahun 2553.

Menurut rencana Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menghadiri atraksi budaya Trail of Civilization 2009 tersebut yang akan disemarakkan dengan sendra tari hasil kolaborasi para seniman dari enam negara deklarator Borobudur  (Indonesia, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos, dan Thailand). Sendra tari Trail of Civilization 2009 yang mengusung tema Tilakkhana ini merupakan pesan moral dari Siddhartha Gautama dengan skenario yang disusun oleh Suhu Viryaguna.

Terkait dengan acara tersebut, juga diselenggarakan kegiatan roundtable discussions  yang melibatkan para pakar pariwisata budaya dari enam negara deklarator Borobudur dan negara sahabat lainnya untuk membahas kerjasama yang lebih konkrit bidang pariwisata budaya. Pertemuan dalam roundtable discussions itu juga dimaksudkan untuk memperkuat kerjasama dalam melestarikan warisan peradaban dan membangun koridor peradaban dalam upaya menjaga perdamaian dan persahabatn antar bangsa.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir.Jero Wacik, SE menyatakan warisan peradaban tersebut perlu diangkat ke permukaan agar dunia mengetahui bahwa keenam negara anggota ASEAN itu memiliki jejak-jejak peradaban yang relatif sama dan perlu dikunjungi wisatawan regional maupun dunia.

Acara Trail of Civilization 2009 akan dihadiri para delegasi dari 14 negara (ASEAN, Jepang, Korea, China, India, dan Srilangka), kalangan duta besar negara sahabat, pakar pariwisata budaya (cultural heritage tourism expert), serta seniman dalam tim tari dari 5 negara deklarator Borobudur.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dari Indonesia, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos, dan Thailand telah menandatangani Borobudur Declaration dan Borobudur Plan of Actions tahun 2006 di Yogyakarta. Enam negara ini mempunyai objek peninggalan sejarah dan kebudayaan Buddha yang menyerupai seperti Borobudur (Indonesia) , Luang Prabang (Laos), Angkor Watt (Kamboja), Ayuthaya (Thailand), Kwe, dan Bagan (Myanmar), dan Ocoe (Vietnam). (Pusformas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: