Jelang pemilu, Bali diserbu wisatawan nusantara

Sehari menjelang Pemilu Legislatif, Rabu (8/4) kemarin, jumlah penumpang rute Jakarta – Denpasar mengalami lonjakan. Seluruh maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut penuh, bahkan ada maskapai yang menerapkan penerbangan ekstra (extra flight). Hal ini terkait liburan panjang akhir pekan (long week end) terkait hari raya Paskah 2009.

Sejumlah penumpang yang diwawancarai Bali Post di Bandara Ngurah Rai, kemarin, mengaku ingin menghabiskan liburan akhir pekannya di Bali. Arfan, penumpang Lion Air QZ 7512 berlibur di Bali bersama istri dan kedua anaknya yang masih balita.

“Di kantor saya fakultatif hari ini (kemarin-red), makanya saya gunakan untuk datang ke Bali,” ujar karyawan perusahaan konstruksi ini seraya mengaku kembali ke Jakarta, Minggu (12/4). Secara terus terang, Arfan memilih untuk tidak memilih dalam Pileg 2009.

Yudi Karmasta, penumpang Mandala Air RI 592 juga datang berlibur di Bali. Dia datang bersama istrinya, Maya. Pasangan muda ini menginap di suatu hotel di kawasan Pantai Kuta. Fauzin, penumpang Lion Air JT 022 juga ingin berlibur ke Bali. Mereka mengaku tak ikut Pemilu. Nggak nyontreng dong? “Ya, begitulah,” jawab Fauzin enteng.

Uniknya, cukup banyak penumpang umumnya berasal dari Jakarta mau diajak wawancara, namun ketika ditanya mengapa memilih tidak ikut Pemilu 2009, mereka mulai menghindar. Mereka enggan diminta komentarnya mengapa memilih berwisata ketimbang ikut pemilu. “Kalau itu no-comment,” ujar seorang penumpang Batavia Air.

Penerbangan Penuh

Hampir semua maskapai yang dihubungi Bali Post, mengaku booking-an penuh, khususnya Rabu (8/4) kemarin dan Kamis (9/4) ini. Bahkan, saking besarnya animo warga Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur ke Bali, ada maskapai penerbangan yang mengadakan penerbangan ekstra (extra flight) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Distric Sales Manager Mandala Airlines, Marwan Aras, mengungkapkan khusus kemarin dan Kamis ini terpaksa Mandala mengadakan extra flight.

Dihubungi terpisah, petugas reservasi Batavia Air Hany mengaku booking-an Batavia untuk periode dan rute yang sama juga penuh. Dari Jakarta mereka datang tanggal 8 dan 9 April dan arus baliknya tanggal 12 dan 13 April 2009. Namun, Hany enggan berkomentar kaitan fenomena tersebut dengan Pemilu Legislatif 2009.

Booking-an Garuda Indonesia juga penuh. Indah, staf reservasi Garuda Indonesia, mengungkapkan Rabu kemarin dan Kamis ini, Garuda melayani 10 kali penerbangan dan 11 kali penerbangan rute Jakarta – Denpasar. Dengan frekuensi yang begitu tinggi, tidak ada kursi yang tersisa.

Di sisi lain, booking-an hotel-hotel di Bali, khususnya yang berbintang juga mengalami peningkatan. Sekretaris BPD PHRI Bali Perry Markus mengungkapkan setiap ada long week end selalu ada lonjakan tingkat hunian hotel di Bali. Tak terkecuali long week end yang bersamaan dengan Pemilu Legislatif 2009 ini. (056/Balipost)

2 Responses to Jelang pemilu, Bali diserbu wisatawan nusantara

  1. Joddie says:

    Pemilu oh Pemilu…

    btw, aku nggak ikut milih.. abisnya nggak didaftar sih.. nasibku sama dengan banyak pendatang lain di Bali.. hampir semuanya tidak terdaftar, termasuk temen-temen kosku (sekitar 20-an orang), temen-temen kantor (30-an orang).. dan mungkin lebih banyak lagi di luar sono..

  2. sheva381142 says:

    Ok gapapa mas. Masih ada pilpres nanti, bisa digunakan hak suaranya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: